Tujuan

Sasaran

Program studi pai staim Probolinggo bertujuan:

A. Wujudkan pendidikan dan pengajaran yang berbasis penelitian yang bermanfaat dalam bidang pendidikan agama Islam.

B. Menghasilkan penelitian yang berkualitas dan mempunyai daya saing nasional dalam bidang agama Islam.

C. Melahirkan sarjana pendidikan Islam yang berakhlakul karimah, berjiwa kepemimpinan dan memiliki komitmen terhadap persoalan umat.

D. Wujudkan pengabdian masyarakat yang berdayaguna bagi masyarakat dalam bidang pendidikan Islam.

E. Mewujudkan kerjasama dengan pihak-pihak lain dalam bidang pendidikan, penelitian dan kesehatan.

Sasaran dan strategi pencapaian:
Untuk mewujudkan visi dan misi diatas maka prodi pai STAI Muhammadiyah Probolinggo memiliki strategi pencapaian sasaran yang dengan tahapan waktu yang jelas dan sangat realistik serta didukung dokumen yang sangat lengkap.

Sasaran dan strategi pencapaiannya:

Strategi pencapaiannya:
i. Melaksanakan pembelajaran secara terprogram dan terintegrasi dengan meningkatkan kapasitas kemampuan internet dan multimedia.

ii. Meningkatkan kompetensi dosen pengampu mata kuliah dan peningkatan jenjang kepangkatan dosen serta mendorong dosen untuk mendapatkan sertifikasi pendidik.

iii. Meningkatkan kondisi suasana akademik, khususnya dalam aspek keilmuan dan kebebasan mimbar akademik yang sehat bertanggung jawab, melalui seminar-seminar.

iv. Meningkatkan kompetensi kurikulum dengan melakukan pengembangan sesuai kebutuhan akademik dan atau profesional, melalui perubahan muatan kurikulum dan atau perubahan batas minimal beban studi.

v. Meningkatkan kompetensi unit kegiatan mahasiswa (UKM) dengan menyelenggarakan beberapa seminar kewirausahaan.

vi. Meningkatkan kompetensi pengelolaan penjaminan mutu, baik penjaminan mutu internal oleh lembaga penjaminan mutu (LPM) secara berkala dan terprogram, maupun penjaminan mutu.

i. Meningkatkan motivasi dan kompetensi dosen untuk melakukan penelitian melalui Penataran, seminar dengan narasumber dari internal.

ii. Mendorong dosen untuk melakukan penelitian dengan memanfaatkan dana dari luar dalam bentuk hibah, di samping juga memberi kesempatan bagi para dosen pemula untuk memanfaatkan dana stimulus dari STAIM.

iii. Mengembangkan lembaga penerbitan penerbitan jurnal ilmiah yang terakreditasi untuk meningkatkan kesempatan dosen dalam mempublikasi hasil penelitiannya.

iv. Memfasilitasi dosen untuk mempublikasikan hasil penelitiannya pada jurnal eksternal yang berskala nasional akreditasi dan memberikan penghargaan.

v. Mengembangkan administrasi dan publikasi hasil penelitian yang diprogram secara khusus untuk publikasi hasil penelitian.

Strategi pencapaiannya:
i. Menambah mata kuliah pilihan yang berorientasi akhlak dan etika dalam masyarakat.

ii. Menyelenggarakan seminar tentang leadership dan tantangan umat Islam di masa datang.

iii. Memfasilitasi mahasiswa untuk bersama-sama dengan dosen mengadakan pengabdian kepada masyarakat agar dapat memahami permasalahan umat.

iv. Meningkatkan motivasi kepada mahasiswa untuk selalu melakukan kegiatan pengajaran di sekolah sekolah yang berdekatan di wilayah mereka.

Strategi pencapaiannya:
i. Meningkatkan motivasi dan kompetensi dosen untuk melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang pendidikan agama Islam dan atau sesuai kebutuhan laporan melalui Penataran dan atau seminar.

ii. Meningkatkan kemampuan dosen untuk menyusun laporan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan melalui lokakarya.

iii. Mengembangkan kerjasama dengan pihak lain untuk permasalahan pendidikan dan sosial-politik.

iv. Memberikan dana stimulus dan fasilitas lainnya sebagai program pembelajaran bagi dosen-dosen pemula dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat.

Strategi pencapaiannya:
i. Mengadakan kerjasama dengan beberapa sekolah dalam bidang pendidikan dan pengajaran.

ii. Meluaskan jejaring lembaga dengan berbagai pihak baik lokal dan nasional.

iii. Membangun inisiatif kerjasama dengan lembaga-lembaga lain baik lokal dan nasional.